9.05.2013


3 Layanan Gratis Pencegah Copy Paste


copy paste
Plagiarisme atau penjiplakan yang melanggar hak cipta sudah bukanlah hal yang aneh lagi. Di kalangan blogger dan netter kegiatan plagiarisme sering dikenal dengan Copas atau Copy Paste, bagi sebagian orang yang tidak suka kontennya dijiplak tanpa menyertakan link sumber aslinya mungkin ini akan sangat menjengkelkan.
Nah yang saya ingin bahas kali ini adalah layanan gratis dari pihak ketiga ™, beberapa diantaranya menyediakan layanan versi berbayar

1. Copyscape


copyscape protect
Copyscape mempunyai fungsi yang hampir mirip seperti mesin pencari, ditampilan awal ada kolom untuk memasukkan link halaman yang akan di cek, apakah isi halaman tersebut sama dengan halaman pada web/blog lain, jika ada yang sama itu berarti kontenmu telah dijiplak, berikut ini contohnya:
Copyscape
Silahkan kunjungi websitenya: http://www.copyscape.com


2. MyFreeCopyright
myfreecopyright.com
Cara kerja MyFreeCopyright yaitu setiap kita mempublish setiap artikel kita akan mendapatkan Digital Fingerprint atau Sidik Jari Digital yang terekam dalam database MyFreeCopyright dan akan dikirimkan melalui email, berikut ini contoh emailnya:
** DO NOT DELETE THIS EMAIL. THIS EMAIL IS IMPORTANT IN THE COPYRIGHT PROTECTION PROCESS. **
Gugun Gumilar’s Copyright:
****************
Copyright :: Attribution Non-commercial No Derivatives
Registered :: Mon Aug 15 00:45:53 UTC 2011
Title :: Komik Keren Buatan Indonesia
Category :: Blog
Fingerprint :: a698a35a1182196abe66dcb72171eb
68efda2c657a940363e8d436e0ed0a6678
MCN :: EWT6N-6C12F-1P4VY
Nah Digital Fingerprint bisa dijadikan bukti yang sah bila suatu saat konten kita dicuri, selain konten berupa artikel MyFreeCopyright juga menyediakan perlindungan untuk konten berupa file dan semuanya GRATIS.
Silahkan kunjungi websitenya: hhttp://myfreecopyright.com



3. Digital Millennium Copyright Act Services atau DMCA
DMCA Protection
Layanan DMCA merupakan layanan Professional untuk melindungi konten secara online, ada versi gratis ada juga yang berbayar. Jenis kontennya pun bermacam-macam seperti artikel, grafik/gambar, foto, aplikasi, game dan lainnya.
anti copas
Yang menarik untuk versi gratisnya ada fitur Watermark yaitu setiap gambar yang kita upload ke blog akan mempunyai watermark secara otomatis, watermarknya bisa berupa author atau link tempat sumber gambar diambil.
Untuk versi berbayar ada sebuah fitur Takedown, fitur ini memungkinkan pemilik konten untuk menghapus konten yang telah dicuri dengan segera.
Tertarik untuk mencobanya? Silahkan lihat http://www.dmca.com

Source :  http://belajarweb.net/

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Komentarnya Pleasee......