10.22.2010

Beberapa Hal yang dapat Merusak harddisk


Banyak factor yang dapat merusak maupun menurunkan kenerja harddisk. Terkadang, rusaknya harddisk, tanpa disadari pleh [erkerjaan yang anda lakukan sengaja maupun tidak sengama bahkan pekerjaan tersebut sebenarnya tidak perlu ataupun itu harus dilakukan.

Berikut beberapa factor yang dapat merusak harddisk diantaranya.

- Tidak pernah malukan Scandisk pada harddisk.

Akibatnya :

Pada saat computer menyala, tiba-tiba melakukan restart. Biasanya pada saat Booting awal computer akan melakukan Scandisk pada harddisk untuk pemeriksaan jika ada kesalahan. Jangan menekan tombok exit (Abort), biarkan proses tersebut berjalan sampai usai walaupun proses ini berjalan lama karena akan menimbulkan Bad Sector pada Harddisk sehigga harddisk tersebut makin lambat. Biarkan proses ini berjakan apa adanya untuk melakukan pemeriksaan pencegahan pada harddisk.

Solusinya :

Perintah Scandisk ini dapat memperbaiki file maupun Cluster yang dalam kondoso rusak ringan jika Anda mengaktifkan “Automatticaly Fix Error”. Gubakan perintah Scandisk pada Harddisk ini secara sesering mungkin secara berkalam baik mungguan atau secara bulanan.

- Tidak pernah melakukan Defrag pada Harddisk.

Akibatnya :

Pada waktu pemakaian Harddisk dalam jangka wakatu lama, harddisk akan terdefragmentasi sehungga file-file yang tersimpan akan terpencar di sembarang tempat(terfragmentasi) dan mengakibatkan harddisk menadi lambat dalam pencarian suatu file.

Solusinya :

Perintah Defrag ini dapat merapikan semua file yang terfragmentasi sehingga membantu meningkatkan kenerja Harddisk . Sebaiknya gunakan Defrag ini secara Harian ataupun mingguan.

- Terlalua sering memformat Harddisk.

Akibatnya :

Janang menggunakan perintah format harddisk atau terlalu sering menggunakan perintah format Harddisk mengakibatkan bad sector. Anda harus bisa menetukan kapan Harddisk harus diformat dan pada kondisi seperti apa. Jika harddisk yang anda miliki tidak bermasalah sebaiknya jangan diformat.

Solusinysa :

Pengunaan perintah forat dapat dilakukan apabila harddisk yang akan Diinstall terdapat bad sector, dan lain-lain karena memformat harddisk merupakan salah satu maintenance harddisk. Jika kondisi harddisk anda bagus, sebaiknya lakukan pemformatan setiap 6 bulan sekali karena akan membantu memperpankang usia harddisk anda.

- Terlalu sering menggunakan Low Level Format.

Akibatnya :

Penggunaaan Low Level Format yang seringkali pada saat harddisk dalam keadaan bad sector akan membantu dalam mengatasi bad sector tersebut. Namun, dalam penggunaan Low Level Foramat yang terlalu sering akan mengakibatan keefisienan Cluster akan berkurang dan head menjadi tipis.

Solusinya : Penggunaan Low Level Format dilakukan apabila harddisk dalam kondisi tidak dapat melakukan booting dan terdapat bad sector.

- Tidak menggunakan stabilizer dan UPS.

Akibatnya :

Tidak normalnya tegangan listrik atau naiknya tegangan listrik secara tiba-tiba bisa menyebapkan kerusakan pada perangkkat computer terutama motherboard dan harddisk. Jika mptherboard yang digunakan memiliki BIOS jenis EEPROM yang sangat peka terhadap naik turunya tegangan, sebaiknya anda menggunakan stabilizer or UPS pada computer anda karena pengapusan dan penulisan BIOS tersebut dapat tergantung oleh turun naiknya teganganpada perangkat Harddisk akan menggagu kinerjanya pada saat pembacaan data posisi head berada dipermukaan Platter or Piringan sepersekian millimeter. Jika tegangan turun naik atau mati secara tiba-tiba, menyebaplan head akan menggores platter dan itu akan menumbulkan bad sector.

Solusinya :

Menggunakan stabilizer or UPS dapat mengatasi atau adapt menstabilkan tegangan dan juga dapat menunda turunya tegangan secara drastic dalam jangka waktu beberapa detik.

- Membiarkan harddisk dengan panan yang berlebihan

Akibatnya :

Pemakaian harddisk dalam jangka waktu yang lama menyebapkan panas yang berlebihan, sehingga menyebapkan kerusakan [ada perangkat board circuitnya menjadi terbakar.

Solusinya :

Untuk mengatasi hal tersebut, dapat dilakukan dengan menempelkan Cooler harddiks pada board circuit atau dengan member cooler yang lain pada board harddisk tersebut. Dengan demikian, akan mengurangi panas yang ditimbulkannya. Anda dapat cooler Harddisk di took-toko computer.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Komentarnya Pleasee......